Posted by: ristantoadi | February 25, 2009

[review buku] 5 cm

5cm, pertama kali denger dari temen. Katanya buku ini bagus, tapi baru beberapa waktu kemudian Saya beli buku ini. Terpajang rapi dengan tulisan “Best Seller” di Gramedia PIM. Tanpa pikir panjang, Saya beli buku ini dan mulai membacanya. Yah, mungkin beberapa diantara kalian sudah lebih dahulu membacanya, tapi tak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu.

5cm ini menceritakan tentang persahabatan 5 anak manusia yang terdiri atas 4 cowok dan 1 cewek. Mereka bernama Genta, Arial, Zafran, Ian dan Riani. Mereka selalu bersama-sama sejak mereka SMA. Kisah tentang 5 orang dengan berbagai kepribadian dan sifat yang berbeda satu sama lain, namun saling mengisi dan melengkapi. Kisah persahabatan yang gokil abis ! Sampai suatu ketika dimana mereka sedang berkumpul di rumah salah satu dari mereka, yaitu Arial. Genta mengutarakan sesuatu hal yang sangat mengejutkan. Disitu Genta mengutarakan bahwa untuk beberapa waktu sebaiknya mereka tidak bertemu satu sama lain, tidak berhubungan entah itu SMS , telpon atau tatap muka. Awalnya mereka heran, kenapa ? Tapi, setelah Genta menjelaskan maksud dan tujuannya, akhirnya mereka pun menentukan waktunya yaitu 3 bulan saja. Malam itu, di Secret Garden (sebuah bungalow dihalaman rumah Arial) yang mereka namakan sendiri, mereka mengakhiri pertemuan mereka untuk sementara waktu. Genta berjanji untuk menghubungi mereka tepat 1 minggu sebelum waktu itu berakhir untuk memberitahu dimana mereka akan bertemu beserta waktunya.

Itu adalah awal dari cerita persahabatan mereka. Dimana mereka dituntut untuk mandiri dan mencoba menjalani kehidupan tanpa ada kehadiran sahabatnya. Berat memang, karena setiap waktu diliputi rasa kangen yang amat sangat. Namun, demi satu komitmen itu akhirnya mereka mencoba memerangi rasa itu dengan caranya masing-masing. Sampai suatu ketika mereka berkumpul kembali ditempat dan waktu yang telah ditentukan oleh Genta, yang secara tidak langsung merupakan pemimpin dan orang yang dipercaya diantara mereka berlima.

Buku yang terdiri atas 10 bab ini terus terang bisa memancing berbagai reaksi dari pembaca, entah itu tertawa, atau pun rasa haru. Bahkan, buku ini tak jarang disisipi beberapa Quotation dan lirik-lirik yang merupakan kekuatan dari buku ini, seperti soundtrack of this novel. Sang pengarang pun boleh Saya acungkan jempol, karena berhasil mendeskripsikan setiap tempat secara detail yang membuat pembaca seolah-olah bisa merasakan suatu petualangan di dunia lain. Kita seperti diajak berjalan-jalan menjelajah Indonesia, khususnya P. Jawa, bersama mereka (karakter-karakter di novel ini).

Pokoknya buku ini sarat makna, penuh kejutan, so inspired, pokoknya amazing deh. Nggak nyesel beli buku ini. Sekali lagi salut buat pengarangnya. Tetap berkarya !

sumber


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: