Posted by: ristantoadi | February 23, 2009

mengenang mainan jadoel…

MAINAN TRADISIONAL
1. Kelereng

2. Layang-layang

ngingatnya apalagi waktu ngejar layangan yg putus hehe.

3. Gangsing/Gasing

Uda tau kan cara maininnya? Pokoknya dia bisa muter2,, mainan ini banyak banget jenisnya.

4. Ketapel

Mainan ini termasuk kategori berbahaya kalo kena orang,,hehe
Biasanya gw pake ini untuk nembak burung.

5. Yoyo

Konon mainan ini adalah senjata asli Filipina yg kemudian dimodifikasi oleh Amerika, bentuknya berbeda-beda di setiap

negara. Zaman sekarang ada yg bisa atraksi pake yoyo.

6. Kumang

Kasian nih binatang dijadiin mainan, hehe.. biasanya dulu gw bikin adu balap kumang,, binatang ini pemalu banget, harus

ditiup dulu pake mulut baru dia keluar dari rumahnya.

7. Biji Karet

Ada yang pernah mainin ini gak??
Pasti banyak yg belum pernah mainin, caranya biji karet ini diadu, 2 biji karet dipukul pake tangan bergantian, kalo ada yg

pecah, dia kalah. Di tempat gw namanaya pedak

8. Roda-Roda Kaleng

Ini maininya pake tali, trus diputar, sampe dia bisa seimbang berdiri.

9. Kapal Uap

Mainan ini dinyalain pake kapas sama minyak tanah kalo ga salah, ntar bisa jalan tuh kapal.

10. Mainan Busi

Mainan ini terbuat dari sebuah busi tua, yang kepalanya dicabut terus di bagian belakangnya diberi tali rafia menyerupai

rumbai-rumbai. Di bagian dalam busi yang kosong diberi “amunisi” khusus yang diambil dari pentolan korek api. Amunisi

itu kemudian ditutup kembali dengan kepala busi. Nah, senjata yang sudah siap itu kemudian dilemparkan ke udara. Saat

kepala busi yang menjadi proyektil itu menyentuh aspal atau lapisan keras lainnya, ledakan keras akan terdengar. Akibat

dari ledakan itu, busi akan kembali mental ke udara. Bagian ledakan dan mental ke kembali ke udara itu yang selalu

menjadi bagian yang paling mengasyikkan. Semakin keras suara ledakan yang dihasilkan dan semakin tinggi busi itu

terpelanting ke udara maka semakin tinggi gengsi sang pemilik.

11. Batu Lele

12. Egrang

Pasti uda banyak yg tau,hehe

13. Nah yg ini gw lupa namanya

Terbuat dari ban bekas terus digelindingin gitu pake tongkat kayu yang uda dimodifikasi.

14. Mainan Balon

Mainnya pake sabun, terus ditiupin. Biar kualitas balonnya bagus, diberi ramuan khusus dgn menambahkan daun

kembang sepatu pada racikan sabun,,ckckck..

15. Peluit Burung

16. Pistol Kayu

Pelurunya pake mesiu yang biasa dijual paman yg jual mainan, warnanya merah kalo ga salah

17. Yang ini juga lupa, hehe..

18. Senapan Bambu

Ini pake peluru kertas yg dibasahin,, kalo kena badan lumayan sakit…hehe

19. Kapal Gabus

Dibuat dari gabus, trus dikasih hiasan, biar bisa jalan di air harus dikasih sabun colek di buritan kapal..hehe

20.Petak Umpet

21. Gobak Sodor/Galasin

22. Bola Gebok

Mainnya kalo ga pake bola tenis ya pake kertas yg digulung jadi bola🙂

23. Karambol

Gw ingat dulu pake pelicin tepung cap kura2, haha..

24. Telepon Kaleng

1. Gambaran

2. Pesawat Gabus

3. Ballon

Ditiup pake sedotan kecil gitu maininya.

4. Gimbot Air

5. Ular Tangga

Pasti banyak yang tau, maininnya pake dadu.

6. Monopoli

7. Halma

8. Tazoz

Hadiah Chiki

9. Pistol Air

10. Pistol China

11. Tentara Plastik

12. Koleksi Kartu Hologram

MAINAN MODERN

1. Gimbot

Gw dulu belum bisa beli, tapi mainnya di depan sekolah, ada yg nyewain soalnya

2. Gimbot Tetris

Masih ingat gak, yang bunyinya “ bego lu”, “boleh juga tuh”, “coba lagi dong”..wakakakakak

3. Tamiya

Ngetrend pas ada kartun Yankuro

4. Robot-Robotan

5. Viewmaster 3D

Bisa ngliat gambar2 3D

6. Tamagotchi

Melihara dinosaurus sampe gede..

7. Atari

Game pertama di dunia

8. Nintendo

Gw dulu suka main Street Fighter, Contra, sama Motocross yg orangnya pake kacamata, trus lucu banget kalo jatuh.

Bonus BB21+

9. Sega

Gw dulu suka main Topgear, Sonic sama Mortal Combat

10. Super Nintendo

Pengembangan dari Nintendo, kasetnya mahal banget..
Bonus BB21+

11. Playstation

12.Dingdong

Tinggal masukkin duit 100 perak bisa main sepuasnya..

1. Mercon/Petasan

Ini mainan favorit gw, hehe.

2. Leduman/Bazzoka/Meriam Bambu

Ditempat gw namanya leduman, ga tau kalo di tempat elu,, asik banget maininya.

3. Kembang Api bertangkai

Sampai sekarang masih dijual

4. Kupu-kupu

Nyalanya kayak kembang api biasa yang bertangkai. Tapi dia bisa terbang
melesat pas dinyalain kayak kupu2.

5. Bola Ninja

Ni mainan bisa ngeluarin asap yg berwarna-warni, kita serasa jadi ninja dengan aksesoris tambahan “sarung” yg dipake

untuk nutupin kepala seperti ninja🙂.

1. Asinan/Dampu

Ditempat gw namanya Asinan gan..Mainnya pake batu yg gepeng kalo ga salah..

2. Congklak

3. Lompat Tali Karet

4. Ular Naga

Ada lagunya nih,, ‘’ Ular Naga Panjangnya Bukan Kepalang…. ‘’ Wakakakakak

5. Bekel

6. Bongkar Pasang (BP)

Gak dapet pic aslinya gw,, pokoknya mainan dari kertas yg bisa diganti-ganti bajunya..

1. Permen Jagoan Neon

“Saya Kenji Jagoan Neon..” wakakakak bisa bikin lidah kita berwarna

2. Permen Sugus

3. Sepatu Favorit Gw

4. Ransel Satria Baja Hitam

5. Coklat Superman

Apapun mainannya pasti ini makanannya…

6. Mie Anak Mas

Sumbangan dari Bro ipput jg.

7. Chiki

8.Celana Alien Workshop

Oh… Ini celana gw bgt..


Responses

  1. buseettt.. lengka ajahh koleksinya… punya saya udah gak tau pada kemana… dulu punya nintendo yg main bokap nyokap.. tinggal saya yg ngiler nontonnya… bhhahaha.. thanks ya informasinya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: