Posted by: ristantoadi | February 22, 2009

insiden sukhoi

Jumat, 20/02/2009 15:45 WIB

2 Sukhoi TNI AU Nyaris Ditembak Musuh Muhammad Nur Abdurrahman – detikNews Makassar –

Dua pesawat tempur Sukhoi milik TNI AU yang sedang melakukan latihan terbang nyaris ditembak pesawat asing. Kejadian tersebut berlangsung di wilayah udara Sulawesi Selatan. Informasi tersebut disampaikan Dan Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Marsma Ida Bagus Putu Dunia, saat dihubungi wartawan melalui telepon di Makassar, Jumat (20/2/2009). Ida Bagus menjelaskan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 Wita. Alarm dua buah pesawat Sukhoi TNI AU yang sedang latihan terbang tiba-tiba berbunyi saat berada di ketinggian 20 ribu kaki. “Ini tandanya pesawat tersebut sedang dikunci missile atau akan ditembak musuh,” kata Ida Bagus. Pesawat apa dan dari negara mana yang akan menembak pesawat Sukhoi TNI AU, hingga saat ini belum jelas.

http://www.detiknews..com/
——————————————————————————————
2 Sukhoi TNI AU Nyaris Ditembak, TNI AU Gagal Kejar Musuh
Muhammad Nur Abdurrahman – detikNews

Dua Sukhoi Kembali Hadir
Makassar – Dua pesawat Sukhoi TNI AU nyaris ditembak musuh ketika sedang latihan terbang di wilayah udara Sulawesi Selatan (Sulsel). TNI AU pun langsung mengejar pesawat musuh yang belum jelas identitasnya itu. Namun hasilnya nihil.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dan Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Marsma Ida Bagus Putu Dunia saat dihubungi wartawan dari Makassar, Jumat (20/2/2009).

Ida Bagus menjelaskan, saat mengetahui dua pesawat Sukhoi itu menjadi sasaran tembak, pihaknya langsung mengirimkan pesawat tempur lain untuk melakukan pengejaran. “Tapi hasilnya nihil,” ujar Ida Bagus.

Ida Bagus juga mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Lantamal VI Makassar. Namun pihak TNI AU juga mengaku tidak berhasil melacak keberadaan pesawat yang melakukan penguncian misil tersebut.

Seperti diketahui, dua pesawat TNI AU menjadi sasaran tembak pesawat asing saat menggelar latihan terbang sekitar pukul 09.00 Wita. Alarm kedua pesawat tersebut berbunyi ketika berada pada ketinggian 20 ribu kaki.
——————————————————————————————-

Sukhoi Hampir Ditembak Musuh
Kapuspen Mabes TNI: Kalau Rusak, Masak Bareng?
Ken Yunita – detikNews

Jakarta – Alarm dua pesawat Sukhoi yang sedang berlatih di kawasan udara Makassar tiba-tiba berbunyi. Kuat dugaan, dua pesawat baru itu dikunci oleh misil atau hendak ditembak.

Apa yang terjadi pada dua pesawat bertipe SU30 MK2 itu? Kapuspen Mabes TNI Marsekal Muda Sagom Tamboen mengaku belum bisa menjawabnya.

“Ini sedang didiskusikan sebenarnya apa yang terjadi dengan dua pesawat itu,” kata Sagoem saat dihubungi detikcom, Jumat (20/2/2009).

Apa mungkin rusak? “Kalau dikatakan rusak, itu kan pesawat dua sedang terbang bersama-sama. Masak kalau rusak bareng, itu agak nggak masuk akal walaupun itu mungkin,” ujar Sagom.

Meski begitu, Sagom tidak berani memastikan bahwa kedua pesawat itu nyaris menjadi sasaran pesawat musuh.
“Kalau betul-betul di-lock oleh musuh, musuh itu di mana. Nggak mungkin kan pesawat itu jauh banget. Tapi terlalu dini untuk mengatakan kalau itu akan ditembak musuh. Pokoknya ini sedang dianalisa,” tandasnya.
—————————————————————————————————-

Jumat, 20/02/2009 23:44 WIB
TNI Diminta Usut Insiden Sukhoi di Makassar
Moksa Hutasoit – detikNews

Jakarta – Alarm dua pesawat Sukhoi yang sedang berlatih di kawasan udara Makassar tiba-tiba berbunyi. Untuk mengetahui penyebab peristiwa itu, TNI diminta segera mengusutnya.

“Kalau perlu dibentuk tim khusus Mabes TNI serta instansi terkait,” kata anggota komisi I DPR, Tjahjo Kumolo kepada detikcom, Jumat (20/2/2009).

Tjahjo mengatakan, peristiwa itu harus segera diketahui penyebabnya. Apakah human error atau masalah tekhnis. Bahkan, menurut Tjahjo, jika tidak siap dengan kecanggihan sistem pesawat ini, pembelian Sukhoi sebenarnya dapat ditunda.

“Kalau memang belum siap secara tekhnis harusnya (pembelian) tidak perlu tergesa-gesa,” jelasnya.

Seperti diketahui, dua pesawat Sukhoi milik TNI AU diduga menjadi sasaran tembak pesawat asing saat menggelar latihan terbang sekitar pukul 09.00 Wita. Alarm kedua pesawat tersebut berbunyi saat berada di ketinggian 20 ribu kaki. (mok/mok)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: